Making video and photo

Standard
Making video and photo

Waaahhh.. Nggak kerasa sudah beberapa hari saya nggak update ni blog tugas. Hahaha… Well, karena satu dan lain hal, saya nggak punya waktu untuk update blog khusus untuk tugas ini.

Tapi, one thing I can say, those weeks are totally fun! Saya belajar kembali fotografi dari dasar, pengambilan video dari dasar dan mengemasnya dalam klip video. Haha..

Saya akan merekap kembali beberapa hal yang saya dapat dari pelatihan ini.

Contoh close up

Contoh close up

Pertama dari fotografi. Penting untuk diingat adalah Golden Rule. Golden rule adalah kotak landscape yang dibagi menjadi sembilan bagian. Sebenarnya saya dulu pernah diajari oleh teman saya sih. Tapi ini adalah pertama kali saya mengetahuinya secara teori.

Nah, jika orang awam sering memposisikan obyek foto di tengah-tengah kotak Golden Rule, tidak untuk fotografi profesional. Meletakkan obyek di tengah adalah kesalahan besar.

Obyek harus diletakkan di kiri atau kanan golden rule. Tapi tidak sembarangan begitu saja. Untuk tekniknya akan saya jelaskan setelah pesan-pesan berikut ini (Halah).

Contoh medium shot. Courtesy: Ririn

Contoh medium shot. Courtesy: Ririn

Saya dalam kursus ini juga diajari untuk mengambil gambar close up, long shot, medium shot dan establishing shot. Oke, pertama close up. Dengan aturan “golden rule”, close up harus berada di daerah kiri atau kanan golden rule. Jangan lupa, close up harus memberi ruang untuk kepala utuh. Jadi jangan terpotong atau terlalu banyak sisa ruangnya.

Medium dan long shot adalah pengambilan gambar manusia tapi tak seutuhnya dan long shot adalah pengambilan gambar secara keseluruhan. Sementara establishment shot adalah gambar yang menjelaskan di mana subyek berada dan sedang mengerjakan apa. Gambar ini bisa berupa medium atau long shot.

Contoh clean shot. Courtesy: Ririn

Contoh clean shot. Courtesy: Ririn

Satu lagi untuk foto, adalah clean shot. Ini adalah gambar di mana obyek adalah obyek sendiri tanpa gangguan obyek yang lain.

Sementara untuk pengambilan video, posisi golden rule juga berlaku. Pengambilan gambar apakah close up, medium, long dan establishing shot juga berlaku.

Contoh clean shot. Courtesy: Ririn

Contoh clean shot. Courtesy: Ririn

Namun, tidak seperti video orang awam (lagi-lagi contohnya ini), pengambilan video tidak bisa dilakukan sembari jalan-jalan atau dengan menyapu semua scene.

Menyapu boleh, tapi harus ada akhir. Jika ingin menyapu, lakukan perlahan, di akhir scene, berhentilah tiga detik.

Sementara untuk editing foto, saya menggunakan aplikasi gratis yang bisa diunduh di sini.

Btw, kursus soal foto dan video ini diajari oleh salah satu pembuat film dokumenter terkenal di Belanda, Claudia Tellegen.

Contoh long shot. Courtesy: Ririn

Contoh long shot. Courtesy: Ririn

Ini dua video yang saya edit sebagai bagian dari pelatihan di Belanda ini. Enjoy. Comments and critics are welcome.

One response »

Leave a Reply

