Kembali ke akar jurnalisme

Standard

Image

Source here

Setelah bekerja dengan merdeka.com selama lebih dari satu tahun, hari ini saya kembali mendapat penyegaran mengenai jurnalisme itu sendiri. Tentu saja menjadi pekerja di media online sering kali dipandang sebelah mata oleh jurnalis yang bekerja di media cetak, misalnya. Mereka menganggap media mereka lebih “serius” dibanding media online.

Hari ini adalah hari keempat saya mengikuti kursus Internet for Journalist di Radio Netherland Training Centre di Belanda. Pembicara hari ini adalah jurnalis senior dari Radio Netherland yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik lebih dari dua puluh tahun, Ginger de Silva.

Dalam sesi diskusi itu, kami – peserta training – mendiskusikan lagi apa itu yang disebut dengan fakta jurnalisme. Bagaimana jurnalisme yang bagus (good journalism), apa yang harus mereka lakukan.

Satu hal penting yang sering dilupakan oleh wartawan adalah balance the story atau mencari sisi lain dari sebuah berita. Selain itu, fakta juga belum tentu fakta. Apa itu fakta? Apakah fakta selalu angka? Jurnalis, harus menentukan apa itu fakta, karena fakta masih tergantung kepada persepsi itu sendiri.

Namun menurut saya, kroscek atau melihat peristiwa atau berita dari sisi lain adalah hal yang sangat penting. Hal itu sering kali dilupakan oleh wartawan, terutama wartawan online seiring dengan kepentingan penambahan pengunjung website.

Selain itu, bias adalah satu hal yang tidak bisa dipungkiri dari jurnalisme. Jangan mendebat dahulu. Secara tidak langsung, apa yang telah kita alami sejak lahir hingga saat ini sangat mempengaruhi pandangan kita terhadap sesuatu. Jadi, sekali lagi menurut saya, tidak ada satu produk jurnalisme pun yang benar-benar objektif. What is objective anyway?😀

Selain soal jurnalisme, di sesi kedua lebih cenderung belajar ke media online dan sosial media. Dan di sesi ini, saya presentasi soal merdeka.com looohh😀

Belajar soal ini, saya menjadi sadar, merdeka.com telah melakukan beberapa cara yang dipresentasikan oleh nara sumber untuk merangkul sebanyak-banyaknya pembaca. Jadi nggak heran jika posisi merdeka.com di Alexa melesat selama setahun pertama. Hahahahaha…

Well, I can’t wait for another session in this course. And of course, the long weekend. I will go to Oslo!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s